GRAHAMEDIA.ID - Memiliki rumah yang selalu bersih dan teratur bukan hanya ramah pandang, tapi juga bisa terasa nyaman. Namun, di tengah kesibukan penghuninya, kadang tidak sempat melakukan bersih-bersih.
Lantas, bagaimana cara agar penghuni rumah bisa tetap menyempatkan waktu membersihkan rumah agar bisa bersih? Maka, perlu melakukan manajemen waktu agar bisa tetap menata rumah.
Melansir laman Cleanpedia pada 15 Oktober 2023, berikut adalah 9 tips cara manajemen waktu agar pengorganisasian pekerjaan rumah berjalan dengan baik.
1. Buat jadwal aktivitas mingguan
Salah satu contoh manajemen waktu yang dapat diterapkan adalah membuat perencanaan. Perencanan itu baik bersifat harian atau mingguan.
Mulailah dengan menyusun rencana kegiatan yang memiliki waktu spesifik, kapan harus bekerja, kapan pergi ke gym, dan kapan harus membersihkan rumah.
2. Rapikan segera
Saat melihat ada sesuatu yang tidak rapi atau tidak pada tempatnya, segera rapikan dan bereskan
Beres-beres dalam skala kecil seperti ini akan membuat rumahmu senantiasa rapi.
3.Libatkan keluarga
Melibatkan keluarga adalah contoh manajemen waktu yang efektif. Delegasikan sejumlah tugas kepada pasangan dan anak-anak.
Jika dilakukan sesuai dengan usia, tugas rumah dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab merawat berbagai isi rumah.
4. Buat jadwal bersih-bersih bulanan untuk setiap ruang